Matangkan Pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu Boltim Beri Penguatan Kelembagaan Bagi Kecamatan dan Desa

0 12

Teropongnusantara.com — Bawaslu Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), memberikan penguatan kepada jajarannya di kecamatan dan desa terkait pengawasan pemilu 2024. Kegiatan tersebut dilakukan di Kecamatan Modayag dan Modayag Barat.
Ketua Bawaslu Boltim, Mutahir Mamonto mengatakan bahwa penguatan kapasitas jajaran pengawas pemilu dilaksanakan supaya jajaran ad hock memiliki kualitas yang mumpuni dalam melakukan pengawasan.

“Pembahasan tadi terkait pemilih daftar pemilih tambahan (DPTb) dan daftar pemilih khusus (DPK),” kata Mutahir saat memberikan penguatan kepada jajarannya, Kamis (14/9/2023).

Tak hanya itu, Mutahir meminta jajarannya mengawasi bagi ASN yang terlibat dalam politik praktis. Menurut dia apabila ada ASN yang diduga melakukan pelanggaran pemilu maka segera menuangkan dugaan tersebut dalam laporan hasil pengawasan.

“Fokus kita adalah ASN, P3K dari luar daerah, pemilih pindah dengan alasan kawin atau berkeja di Boltim,” katanya.

Selain itu dia meminta supaya jajarannya turut mengawasi tahapan daftar calon sementara (DCS).
“Awasi DCS, cek semua calon. Supaya DCS kali ini betul-betul yang sudah memenuhi syarat,” kata dia.

Senada Anggota Bawaslu Boltim Trisno Mais mengatakan supaya jajarannya aktif melalukan pengawasan pada semua tahapan.

“Silakan awasi dan tuangkan dalam alat kerja pengawasan apabila mendapati ada dugaan pelanggaran pemilu,” ungkap Trisno.

Tak hanya itu, Kordiv Hukum Pencegahan dan Parmas -Humas meminta supaya jajarannya dalam mengawasi tidak arogan. Menurut dia, jangan karena jadi pengawas pemilu sehingga berlaku arogansi. Utamakan sopan santun, dan tetap mengedepankan profesionalitas.

“Jangan karena sudah jadi pengawas pemilu sehingga berlaku arogansi. Kita tetap mengawasi tapi harus elegan,” ujar Trisno.

Trisno meminta supaya Panwaslu Kecamatan dan PKD aktif berkoordinasi berkaitan dengan tugas-tugas kerja pengawasan di lapangan.

“Saya berharap supaya koordinasi secara berjenjang terus dilakukan, kami di kabupaten ingin koordinasi jangan sampai putus secara berjenjang,” tutupnya.
(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.