Ferry Liando Apresiasi Pemkab Fasilitasi Buku Pembentukan Minsel

0 40

Teropongnusantara.com — Setelah sekian lama tertunda, akhirnya penulisan buku Sejarah pembentukan Kabuapten Minahasa Selatan dapat dilanjutkan. Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan bersedia memfasilitasi para pejuang pembentukan Kabupaten Minahasa Selatan untuk Menyusun buku tersebut.
Salah satu mantan panita pembentukan Kabupaten Minahasa Selatan Ferry Daud Liando mengatakan bahwa buku tersebut sudah lama di tunggu Masyarakat terutama bagi generasi muda yang tidak sempat menyaksikan secara langsung bagaimana proses perjuangan pembentukannya.

Dalam sejarahnya, pembentukan wilayah Minahasa Selatan menjadi Daerah Pemerintahan otonom sangat berbeda dinamikanya dengan pembentukan kabupaten lain di Sulawesi Utara. Perbedaan itu adalah soal kemudahan dan fasilitas pemerintah. Pembentukan Minahasa Selatan menjadi kabupaten harus melewati perjuangan berdarah-darah dan hidup mati bagi para pejuangannya. Semntara daerah lain berdiri secara otomatos karena mengikuti jejak di daerah lain.

Bupati Minahasa Selatan Franky Wongkar ketika membuka Focus Group Discussion Penyusunan Buku Sejarah Pembentukan Minahasa Selatan di Hotel Sutan Raja, Kamis 18 Oktober 2023 mengatakan bahwa buku ini diharapkan dapat menerangkan secara lengkap tentang peristiwa dan tokoh-tokoh yang terlibat dalam perjuangannya. Hasil dari buku ini diharpakan dapat menginspirasi rakyat Minahasa Selatan terutama apa alasan bagi para pejuang mengapa Minahasa Selatan harus diperjuangkan menjadi daerah otonom.

FGD dihadiri oleh sejumlah pejabat seperti Benny Lumingkewas, Arthur Tumimpa dan pejabat lainnya. Dari para pejuang selain Liando hadir pula Bapak Hengky Rumengan, Moudy Lelengboto, Willy Rawung, Markus Wauran, Teddy Matheos dan Jannce Josepus.

(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.