Menghadapi Tahun Politik 2024, Wawali Manado Ingatkan ASN untuk Profesional dan Netral

0 13

TeropongNusantara, Manado — Tahun depan, Indonesia akan memasuki tahun politik yang penuh tantangan, dan dalam menghadapi situasi ini, Wali Kota Manado, Andrei Angouw, melalui Wakil Wali Kota Dr. Richard Sualang, menekankan pentingnya agar Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Manado tetap menjaga profesionalitas dan netralitas mereka.

Pesan ini disampaikan oleh Wawali Richard Sualang saat memimpin apel perdana pada bulan November 2023 di Lapangan Sparta Tikala Manado pada Rabu (01/11). Dalam sambutannya, Sualang menegaskan perlunya ASN Pemkot Manado menjadi pelopor dalam menjaga keprofesionalan dan netralitas, terutama di tengah suhu politik dan polarisasi masyarakat yang semakin memanas.

“Menyongsong tahun politik 2024, sebagai aparatur sipil negara terus mengedepankan profesionalitas dan netralitas,” kata Wawali Richard Sualang.

Sualang menekankan bahwa ASN Pemkot Manado harus berperan sebagai penyejuk di tengah-tengah masyarakat, membawa kedamaian, dan menjadi penengah yang netral. Dia juga menyoroti tanggung jawab ASN dalam mencegah fitnah, hoax, dan ujaran kebencian yang dapat merugikan masyarakat.

“Semua tidak mau ASN Pemkot Manado dipanggil-panggil oleh Bawaslu atau aparat penegak hukum karena tidak netral. Kita harus mencegah fitnah dan hoax serta ujaran kebencian yang ada ditengah-tengah masyarakat,” tegasnya.

Wawali juga memperingatkan bahwa tindakan ASN selalu diawasi, dan mereka harus patuh pada aturan yang berlaku. Dia mengingatkan agar ASN menjaga nama baik Pemkot Manado, serta nama baik diri sendiri dan keluarga.

“Ini penting untuk diingatkan karena selain kita berada ditengah masyarakat, sekarang media sosial sudah menjadi ruang publik dimana semua melihat, semua membaca dan bisa menjadi hal yang negatif khususnya ASN jajaran Pemkot Manado,” tambahnya.

Wawali Sualang juga mengajak seluruh masyarakat Kota Manado untuk selalu menjaga ketentraman dan keamanan di lingkungan masing-masing. Selain itu, dia menyoroti isu penataan kota dan mengingatkan pentingnya penanganan sampah oleh semua pihak terkait.

“Dalam pelayanan kepada masyarakat, persampahan ini menjadi perhatian utama kita,” ujar Wawali.

Dalam konteks keamanan dan ketertiban, Wawali menegaskan bahwa Pemkot Manado telah mengeluarkan surat edaran tentang menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban kota, termasuk pembatasan penggunaan sound system dan larangan konsumsi minuman beralkohol pada acara hingga pukul 24.00 Wita.

Dengan demikian, Wawali Manado memberikan arahan yang komprehensif dalam menghadapi tahun politik mendatang, menjadikan aparat pemerintah dan masyarakat sebagai garda terdepan untuk menciptakan suasana yang kondusif dan damai. (Adve)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.