Pemerintah Kota Manado Resmi Serahkan Dana Hibah 6,7 Miliar untuk Sukseskan Pemilu dan Pilkada 2024

0 14

TeropongNusantara, Manado — Pada Rabu (01/11), Pemerintah Kota Manado melalui Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerima dana hibah untuk penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan kepala daerah (pilkada). Penyerahan dana ini secara resmi dilakukan dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) di ruang rapat kantor Wakil Walikota Manado.

Wakil Walikota Manado, dr. Richard Sualang, menyatakan bahwa penandatanganan NPHD tersebut mencerminkan dukungan penuh Pemerintah Kota Manado terhadap suksesnya pemilu dan pilkada di Kota Manado. Menurutnya, ini adalah langkah konkret untuk memastikan bahwa pelaksanaan pemilu dan pilkada dapat sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan oleh KPU Kota Manado dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) merupakan bukti dukungan pemerintah Kota Manado terhadap pelaksanaan pilkada agar dapat dilaksanakan sesuai dengan tahapan dari KPU Kota Manado, untuk penggunaan dan pertanggungjawaban agar dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Sualang.

Sualang berharap dana hibah tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, mengingat tanggung jawab pelaksanaan pilkada bukan hanya menjadi kewajiban KPU dan Bawaslu. Dia menekankan kompleksitas pemilu dan pilkada, yang melibatkan banyak aspek dan rawan terhadap kepentingan politik. Dalam konteks ini, Sualang menyarankan persiapan yang matang, termasuk sosialisasi pengawasan pemilu, pendidikan pemilih pemula, dan edukasi lainnya untuk menciptakan iklim demokratis yang kondusif.

“Pilkada dan Pemilu merupakan hal yang kompleks karena terdiri dari banyak aspek dan rawan kepentingan politik. Hendaknya sedini mungkin dipersiapkan segala sesuatu, agar tercipta iklim demokratis yang kondusif seperti adanya sosialisasi pengawasan pemilu, pendidikan pemilih pemula, dan edukasi lain baik untuk masyarakat maupun di stakeholder,” tegas Sualang.

Sualang juga menambahkan bahwa peningkatan sosialisasi dan pengawasan pemilu kepada masyarakat diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan antusiasme pemilih. Dia berharap agar pelaksanaan pemilu dan pilkada di Kota Manado berjalan tertib, aman, dan kondusif, dengan menjaga sinergi antara Pemerintah Kota Manado dan penyelenggara pilkada. “Dengan sinergi yang baik, kami berharap semua tahapan berjalan dengan lancar,” harapnya.

Dalam kegiatan tersebut, Pemerintah Kota Manado memberikan dana hibah senilai Rp 6,7 miliar lebih kepada KPU dan Bawaslu Kota Manado tahun 2023. Turut hadir dalam acara ini jajaran asisten Pemkot Manado, pejabat eselon 2, dan para komisioner KPU dan Bawaslu Manado.(ADVE)

Leave A Reply

Your email address will not be published.