Terkait Surat Suara Salah Kirim, Begini Penjelasan Ketua KPU Minsel

0 12

Minsel,teropongnusantara.com — Pendistribusian surat suara ke kabupaten/kota yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara mulai dilaksanakan. Kemarin hari Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) telah menerima surat suara tersebut.

Namun saat proses loading pendistribusian logistik, KPU Minsel menemukan ada 16 kardus surat suara yang bedah kode, hal itu disaksikan juga sejumlah pihak baik bawaslu maupun pihak keamanan.

Ketua KPU Minsel Tommy Moga mengatakan, harusnya surat suara dengan kode PP-WP itu tujuannya ke Kabupaten Minahasa bukan ke Minsel. Kesalahan pengiriman surat suara ini sudah dilaporkan ke KPU Provinsi dan dikoordinasikan bersama dengan pihak bawaslu, pihak TNI/Polri maupun KPU Minahasa. “Itu murni kesalahan pengiriman dari pihak percetakan dan ekspedisi. Dan saya perlu tegaskan bahwa informasi yang diberitakan ada kelebihan 16 kardus surat suara itu adalah kesalahan pengiriman. Human eror bukan human order,” tegasnya mengklarifikasi pemberitaan yang menyudutkan KPU Minsel.

lanjutnya lagi, KPU Minsel telah menerima logistik berupa surat suara untuk 4 jenis pemilihan.

“Yang masuk baru 4 jenis surat suara. Yakni surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, Anggota DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Sementara untuk DPD nanti akan menyusul,” teranya.

Diketahui sebelumnya diberitakan sejumlah pihak menyoroti kelebihan distribusi surat suara di KPU Minsel. Bahkan mereka meminta Bawaslu menseriusi hal itu.
(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.